Pages

Categories

Archives

Tentang Virus Trojan

Posted in: share by dennysomad on January 19, 2011

Masih ingat kejadian beberapa waktu lalu saat sepasang cracker Jerman berhasil membobol komputer pribadinya Lady Gaga, Rihanna, dan 50 artis top lainnya menggunakan virus Trojan? Tentunya tidak asing lagi bagi kita mendengar nama program jahat yang satu ini. Trojan berbeda dengan virus-virus komputer lain, tidak mereplikasi dirinya seperti worm yang merusak sistem komputer, dan bersifat stealth (tidak terlihat). Trojan dikendalikan dari komputer lain yang menyusupkan kode-kode yang merusak kedalam sebuah aplikasi, dan dari kebanyakan kasus karena mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak dapat dipercayai dan menyusup dengan memanfaatkan celah keamanan pada PC misalnya bug pada browser.

Serangan Trojan bisa mengakali firewall karena browser tidak diblokir oleh user sehingga firewall memberikan akses padanya. Jika Trojan sudah berhasil menyusup maka ia akan mendapatkan hak akses dan menyamar sebagai system services, jadi program ini mirip dengan software remote control PC. Setelah itu kalau sudah tersambung dengan internet data-data dalam komputer misalnya password, kartu kredit, dll bisa dicuri dan dikirimkan kepada komputer cracker yang menyebarkannya.

Trojan berada pada direktori sistem operasi (/WINDOWS atau /WINNT untuk sistem operasi windows dan /bin, /usr/bin, /sbin, /usr/sbin dalam keluarga UNIX) sehingga berkas-berkas program yang patut dicurigai adalah berkas yang memiliki nama yang mirip dengan berkas yang asli, misalnya yang seharusnya ”svhost.exe” menjadi ”svh0st.exe”.  Jika firewall bawaan windows tidak berdaya menangkal Trojan maka kita bisa menggunakan software firewall khusus misalnya PC Tools Firewall Plus. Setelah itu nonaktifkan firewall bawaan windows  agar tidak saling memblokir dan membuat PC menjadi crash. Sedangkan untuk menyempurnakannya, unduh antivirus dan lakukan scan terhadap komputer serta selalu update antivirusnya.

Referensi:  http://id.wikipedia.org/wiki/Trojan_horse

Tags:

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL

Leave a comment